Selasa, 17 Desember 2013

tugas metode riset bab 3

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

METODE PENELITIAN
 
Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pendekatan Non probability Sampling dan metode judgement Sampling. Pengambilan sampel dengan metode ini dengan pandangan bahwa sampel yang diambil adalah orang-orang yang mengenal akan karakteristik sepeda motor 4 stroke engine 125 CC dan merupakan pengguna sepeda motor tersebut. Pengambilan sampel ini dilakukan pada setiap distributor sepeda motor dan bengkel di Jakarta. Responden merupakan pelanggan yang memenuhi kriteria pengisian kuisioner.

Untuk menentukan jumlah konsumen yang menggunakan sepeda motor 4 stroke engine 125 CC secara tepat, maka dianggap proporsi (P) tidak diketahui. Apabila dalam suatu pendugaan proporsi dengan menggunakan sampel random diinginkan tingkat keyakinan (1 – a), bahwa besarnya error (E) dalam penelitian ini tidak melebihi suatu harga tertentu, maka rumus error (E) dapat digunakan untuk menentukan besarnya sampel yang harus diambil.
  
Kuesioner Pendahuluan
 
Untuk menetapkan kriteria yang diperhatikan konsumen dan alternatif produk, maka kuesioner pendahuluan merupakan alat yang tepat. Kuesioner pendahuluan ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para pengguna, distributor, dan bengkel yang potensial.
Pilihan kriteria yang dicantumkan pada kuesioner secara ringkas meliputi :
  • Model
Model merupakan daya tarik pertama yang menjadi perhatian dan minat konsumen untuk membeli sepeda motor.
  • Harga
Harga merupakan prioritas kedua dari model, selain model yang bagus harga juga menjadi perhatian terutama untuk menghadapi para kompetitor.
  • Konsumsi BBM
Konsumsi BBM merupakan merupakan hal yang sangat penting sekali terutama untuk masalah perjalanan jauh dan semakin tingginya harga BBM sehingga memacu perusahaan untuk membuat sepeda motor yang irit bahan bakar.
  • Performa
Untuk menjadi motor yang handal maka harus memiliki performa yang baik pula.
  • Fitur
Fitur merupakan kelengkapan asesoris yang dimiliki oleh setiap sepeda motor.
  • Handling
Handling merupakan faktor kelincahan sepeda motor bila dilakukan manuver-manuver pada tiap tikungan.

b.     Kuesioner Penelitian

Kuesioner penelitian yang disebarkan terdiri dari 3 bagian, yaitu :
  1. Bagian pertama berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan mengenai identitas responden.
  2. Bagian kedua berisi mengenai persepsi responden terhadap hubungan antara kriteria-kriteria tentang pemilihan suatu produk sepada motor bebek.
  3. Bagian ketiga berisi mengenai persepsi responden terhadap hubungan antara kriteria-kriteria sepeda motor bebek dengan alternatif-alternatif tentang pemilihan merek sepeda motor bebek. Pertanyaan untuk kuesioner penelitian dapat dilihat pada lampiran B.
  4. Kuesioner penelitian disebarkan kepada pengguna sepeda motor bebek jenis 4 stroke engine 125 cc, distributor dan bengkel-bengkel sepeda motor.
3.2          PROSEDUR PENARIKAN SAMPEL

Adapun metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode penarikan sampel non probabilitas (non-probability sampling). Prosedur di dalam penarikan sampel digunakan metode Judgement Sampling, yaitu mendatangi responden langsung di tiap-tiap distributor dan bengkel-bengkel sepeda motor. Dilakukan pengambilan sampel dengan metode ini dengan pandangan bahwa sampel yang diambil adalah orang-orang yang mengenal dan mengerti akan kriteria-kriteria sepeda motor dan merupakan pengguna sepeda motor bebek Honda Supra x 125R, Suzuki Shogun 125R, Kawasaki Blitz Joy, dan Kymco Cevira 125RR.
Dalam penyebaran kuisioner penelitian, perlu diperhatikan jumlah kuisioner yang disebarkan dengan menggunakan rumus kecukupan data yang telah ditulis pada halaman sebelumnya.
dengan menggunakan asumsi tingkat kepercayaan 95% dan tingkat ketelitian 10%,  diperoleh :
a        =   100% – 95% = 5%
a/2     =   2,5%
Z0,025    =  1,96
E          =  0,10
Dengan demikian, minimal jumlah sampel yang dibutuhkan adalah:
Dengan menyebarkan kuisioner sebanyak 97 lembar berarati syarat kecukupan data telah terpenuhi.

sumber :
http://lppm.universitasazzahra.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar